13 Juli 2020

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) SMP NEGERI 193 JAKARTA


Pelaksanaan MPLS di SMPN 193 Jakarta Tahun Pelajaran Baru 2020/2021 diadakan secara daring selama tiga hari, yaitu pada 13, 14, dan 15 Juli 2020, dengan waktu pelaksanaan yang disesuaikan menurut jadwal yang sudah ditetapkan oleh Panitia MPLS. Informasi lengkap pelaksanaan MPLS dapat diakses pada portal smp193jakarta.blogspot.com.
 
Sesuai Kalender Pendidikan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tahun ajaran 2020/2021 akan dimulai Senin, 13 Juli 2020. Tahun ajaran baru kali ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.
 
Pandemi covid-19 membuat kegiatan belajar dan mengajar di SMPN 193 Jakarta dilakukan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang sudah berjalan sejak 16 Maret 2020. Memasuki tahun ajaran 2020/2021 dengan kondisi yang masih pandemi, PJJ akan tetap diterapkan dalam kegiatan belajar dan mengajar.

 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Nomor 467 Tahun 2020 tentang Kalender Pendidikan tahun ajaran 2020/2021 dan kesiapan dimulainya kegiatan belajar dan mengajar.
 
“Selama kondisi pandemi, pembelajaran dilakukan melalui Pembelajaran Jarak Jauh dan Blended Learning. Kebijakan mengenai pembelajaran masa transisi menyesuaikan SKB (Surat Keputusan bersama) empat Menteri dan keputusan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19, sesuai surat edaran dari Kadisdik DKI Jakarta.
 
Untuk mengoptimalkan pembelajaran pada masa transisi ini, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta meluncurkan portal Siap Belajar yang dapat diakses di laman 
siapbelajar.jakarta.go.id. Atau bisa juga diakses melalui laman disdik.jakarta.go.id pada menu utama ‘Siap Belajar Jakarta'.
 
Laman tersebut sebagai sumber utama rujukan informasi bagi masyarakat untuk mengetahui kegiatan belajar dan mengajar. Melalui menu utama ini, para guru, orang tua, dan peserta didik dapat mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan pembelajaran di masa transisi.
 


Adapun sejumlah konten utama pada Siap Belajar Jakarta adalah sebagai berikut:
 
1. Prosedur informasi standar pelaksanaan pembelajaran masa transisi
2. Panduan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru
3. Panduan orientasi peserta didik lama, guru, dan orang tua
4. Panduan dan materi blended learning bagi guru, orang tua dan peserta didik
5. Asesmen Kesiapan Satuan Pendidikan.



Kegiatan Ekskul SMPN 193 Jakarta


Program Sekolah ADIWIYATA SMPN 193


Tidak ada komentar: