09 Januari 2014

LSS Tingkat Nasional 2014




Pendidikan merupakan salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat perkembangan. Karena itu, perubahan atau perkembangan pendidikan adalah hal yang memang seharusnya terjadi sejalan dengan perubahan budaya kehidupan. Perubahan dalam arti perbaikan pendidikan pada semua tingkat dan pada setiap penunjang pendidikan terus menerus dilakukan sebagai antisipasi kepentingan masa depan, salah satunya adalah usaha menuju sekolah sehat.
Sekolah sebagai sebuah organisasi dituntut untuk dapat memecahkan: (1) masalah tentang bagaimana memperoleh sumber daya yang mencukupi dan dapat menyesuaikan dengan tuntutan lingkungannya, (2) masalah tentang upaya-upaya pencapaian tujuan pendidikan di sekolah, (3) masalah pemeliharaan solidaritas, dan (4) masalah upaya menciptakan dan mempertahankan keunikan nilai yang dkembangkan di sekolah.

Keempat hal di atas menjadi kerangka acuan dalam mengembangkan sekolah sehat. Sekolah sehat pada dasarnya merupakan bagian dari kajian tentang iklim sekolah atau budaya sekolah, yang di dalamnya membicarakan tentang kemampuan sekolah untuk mempertahankan kelangsungan hidup organisasi sekolah dan kemampuan sekolah dalam mengatasi berbagai tekanan
Sekolah Menengah Pertama Negeri 193 Jakarta telah terpilih sebagai Sekolah Sehat di tingkat DKI Jakarta. Sekolah Menengah Pertama Negeri 193 Jakarta telah menjunjung tinggi nilai-nilai kebersihan, estetika, kenyamanan demi terwujudnya suatau tatanan sekolah sehat. Sebagai tindak lanjut atas Sekolah Sehat tersebut, Sekolah Menengah Pertama Negeri 193 Jakarta akan melaksanakan suatu tatanan penilaian kriteria sekolah sehat di tingkat lebih tinggi, yaitu tingkat nasional dan mewakili dari Provinsi DKI Jakarta, khususnya telah membawa nama Jakarta Timur.

Sehubungan dengan itu, maka SMP Negeri 193 Jakarta menyusun proposal ini sebagai upaya peningkatan program pembinaan sekolah sehat tindak lanjut untuk mengikuti tingkat nasional, serta peningkatan proses kualitas pembelajaran sebagai implementasi dari pendidikan. Yang mana maksud proposal ini adalah mengajak seluruh elemen bekerja sama dengan SMP Negeri 193 Jakarta mewujudkan sekolah sehat mewakili dari Provinsi DKI Jakarta di tingkat Nasional.

Tidak ada komentar: